Dandim Pimpin Apel hari Senin Pertama dalam bulan Aparatur Sipil Negara.

MEXIN TV , FLOTIM – Telah berlangsung Kegiatan Apel hari Senin Pertama dalam bulan Aparatur Sipil Negara yang di padukan dengan hari disabilitas Internasional Dan hari AIDS sedunia lingkup Pemerintah Kab. Flotim, bertempat langsung di Lapangan Apel Pemerintah Kab. Flotim Jl. Bazuki Rahmat Kel. Puken Tobiwangi Bao Kec. Larantuka Kab. Flores Timur, bertindak selaku pimpinan Apel Komandan Kodim 1624/Flotim Letkol Inf. Tunggul Jati, S.H,,A. Pada Senin pagi (05/12/2022)

Kegiatan apel di Mulai dengan Komandan Kodim 1624/ Flotim selaku Pimpinan Apel Memasuki Lapangan Upacara, Penghormatan kepada Pimpinan Apel, Laporan Komandan Apel Kepada Pimpinan Apel, Mengheningkan Cipta dipimpin oleh Inspektur Upacara, Pembacaan Teks Pancasila oleh Inspektur Upacara diikuti oleh Peserta
Upacara, Pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan Panca Prasetya Korpri.

Amanat Penjabat Bupati yang di bacakan oleh Pimpinan Apel yakni “Sebagai umat beriman, di awal amanat ini, saya mengajak kita untuk mengangkat hati sambil mengucap syukur ke hadirat Allah yang Maha Tinggi atas berkat dan rahmatNya untuk kita sekalian dan untuk daerah kita sehingga pada kesempatan kita dapat hadir dan mengikuti Apel Senin Pertama Dalam Bulan Aparatur Sipil Negara Lingkup Pemerintah Kab. Flores Timur yang Dipadukan dengan Peringatan Hari Disabilitas Internasional dan Hari AIDS Sedunia, pada hari ini.”

Baca Juga:  Pengerjaan Jembatan Liliba Didoa kan Oleh Tiga Agama Kristen, Islam Dan Khatolik

Lanjut Dandim “Peserta apel yang saya hormati, Apel Senin Pertama dalam Bulan yang kita laksanakan hari ini merupakan yang terakhir pada tahun ini sebelum tahun 2022 berakhir. Kita bersama patut bersyukur bahwa selama tahun ini, kita telah dianugerahi kasih dan perlindungan Tuhan Yang Maha Esa sehingga kita mampu melaksanakan segala tugas dan tanggung jawab kita sebagai ASN maupun sebagai warga masyarakat dengan baik.”

Secara khusus, apel hari ini kita semua diajak untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional dan Hari AIDS Sedunia tingkat Kab. Flores, Timur. Di kabupaten ini, hingga saat ini tercatat jumlah penyandang disabilitas sebanyak 976 orang yang tersebar pada berbagai jenis disabilitas seperti autis, daksa, downsyndrome, eks kusta, ganda atau multi, intelektual, lambat belajar, low vision, mental, tuna netra, penyakit kronis, tuna rungu, tuna rungu wicara, tuna wicara, dan total blind.

Baca Juga:  Upacara HUT Kemerdekaan RI ke -78 Jadi Momen Pembauran bagi KKSS di Kota Kupang

terdapat 510 Orang Dengan Gangguan Jiwa (OGDJ). Perhatian Pemerintah Pusat pun sudah ditunjukkan melalui komitmen pelaksanaan penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas yang terwujud dengan lahirnya UU 8/2016 tentang Penyandang Disabilitas. Di tingkat Kabupaten Flores Timur sendiri melalui dinas Sosial, telah tersalurkan berbagai bantuan alat bantu untuk pendampingan,

Melalui respon kasus pendampingan untuk OGDJ dan rehabilitasi di RSJ NAIMATA KUPANG, program rehabilitasi, dan pengiriman difabel untuk pelatihan kewirausahaan. Melalui tema peringatan Hari Disabilitas Internasional yakni “Solusi Transformatif untuk Pembangunan Inklusif: Peran Inovasi Dalam Mendorong Dunia yang Dapat Diakses dan Adil,”

Baca Juga:  Gubernur NTT Lakukan Panen Jagung Program TJPS dan Penandaan Hewan Ternak Sapi

Kemudian diejawantahkan secara nasional menjadi ‘Partisipasi Bermakna Menuju Pembangunan Inklusif yang Berkelanjutan,? kita diajak untuk membawa perubahan yang lebih bermakna atas peran para disabilitas yang selama ini belum mendapatkan peran secara utuh. Kita juga diajak untuk membuka hati dan membuka diri untuk lebih peduli akan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitias. Jangan jadikan mereka sebagai obyek tetapi jadikan mereka sebagai subyek untuk memberikan kontribusi yang setara dengan orang tanpa disabilitas.

Hadir dalam kegiatan apel : PLT Sekda Kab. Flotim an. Drs. Petrus Pedo Maran, M. Si, Kapolres Flotim yang di wakili oleh Kabag Ops Polres Flotim AKP I. Made Muter, Asisten 1 Pemerintahan dan Kesra. Kab. Flotim an. Abdur Razak Jakra,SH, Plt. Asisten III Kab. Flotim an. Ir. Tulit Beni Corebima, Kaban Kesbangpol an. Andreas Kewa Ama, SH, Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga an. Felix Suban Hoda M.Si, Kasat Pol PP Kab Flotim…(MEX)