Karantina Tenau Kupang Kirim 550 Ekor Sapi ke Jakarta

Mexin Tv,Kupang – karantina Tenau Kupang Kirim Sapi Sebanyak 550 ekor
ternak sapi dari Kupang, Nusa Tenggara Timur , akan dikirim ke DKI  Jakarta untuk memenuhi kebutuhan daging jelang bulan Ramadan.

Saat ini sedang dilakukan pengangkutan dari Instalasi Karantina Hewan Kupang, ke kapal tol laut khusus ternak Camara Nusantara 1 . Kepada Wartawan (13/03/2023).

Baca Juga:  PJ. Wali Kota Serahkan Bantuan Dana PMT  Tahap II Kepada Tim Penggerak PKK 

Pelabuhan Tenau Kupang menggunakan kapal Camara Nusantara I, dan nanti diterima oleh Menteri Pertanian dan Gubernur DKI Jakarta di Pelabuhan Tanjung Priok.

Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang, Yulius Umbu Hungar mengatakan, ternak asal NTT seperti sapi, kambing maupun kerbau masih sangat tinggi peminatnya karena bebas penyakit mulut dan kuku.

Baca Juga:  Pemkot Kupang Dukung Pembaruan ZNT Tahun 2024 di Wilayah Kota Kupang

Proses pengeluaran ternak sapi dari karantina untuk dikirim, akan melalui ruangan penyemprotan disinfektan, dan selanjutnya dibawa ke kapal.

Dijelaskan Yulius, sapi yang dikirim ke Jakarta telah bebas dari penyakit, dan sudah bersertifikat dengan hologram khusus.

Kapal tol laut Camara Nusantara 1 dijadwalkan bertolak dari Kupang pada tanggal 15 Maret 2023, dan diperkirakan akan tiba di Jakarta pada tanggal 21 Maret 2023.

Baca Juga:  Jelang Tuntutan 6 Terdakwa dalam Kasus Meninggalnya Roy Bolle, Kuasa Hukum : Jaksa Diminta Tuntut Maksimal Terdakwa

Selanjutnya, ratusan ekor sapi tersebut akan diterima langsung oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Penjabat

Gubernur DKI Heru Budi Hartono Pengiriman perdana ini ke DKI, dan untuk kebutuhan wilayah Jabotabek. Mungkin dalam waktu dekat akan menyusul lagi,” pungkas Yulius…(Tim)