Ormas Garuda Kupang NTT Merayakan Natal Dengan Penuh Damai Dan Suka Cita Di Tahun 2022

MEXIN TV, KUPANG – Sebentar lagi umat Kristiani akan merayakan Natal tahun 2022; sebuah peringatan iman, kelahiran Sang Juru Selamat Tuhan kita Yesus Kristus. Perayaan Natal selalu membawa sukacita dan damai sejahtera bagi hidup kita.

Oleh sebabnya, pada bulan Desember semarak Natal sudah disambut masyarakat dengan berbagai cara dan persiapan sebagaimana biasanya,umat Kristiani mengimani bahwa Yesus datang untuk membebaskan umat manusia dari belenggu dosa.

Yesus datang dalam kesederhanaan yang disimbolkan dengan kelahirannya di sebuah kandang hewan, kemudian mewartakan kerajaan Allah, wafat di kayu salib, dan kemudian bangkit dari antara orang mati, kita dilahirkan kembali sebagai ciptaan baru dan memperoleh hidup kekal.

Sejalan dengan pesan Natal 2022 dari Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) dan Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) dalam perayaan Natal tahun 2022, ketua Ormas Garuda Kupang NTT, Mex Sinlae dalam kegiatan menyambut Natal, Senin (19/12/22) Ia mengatakan dalam memiliki pandangan yang sama dan juga terinspirasi dengan ayat kitab suci Pulanglah mereka ke negerinya melalui jalan lain” (Mat. 2:12) sebagai simbol meninggalkan habitus lama kepada habitus baru, orang-orang bijak dari Timur datang mencari Yesus dengan bantuan bintang.

Baca Juga:  Peringatan hari Kesehatan Nasional ke-58, Babinsa Koramil Kota Lewoleba dengan Puskes Hadekewa

Mereka datang dengan segala tantangan, hambatan, dan kesulitan untuk melakukan perjumpaan dengan Yesus yang lahir di sebuah kandang hewan,” katanya.

Setelah perjumpaan itu, mereka pulang melalui jalan lain yang tentunya sesuai dengan penyelenggaraan Tuhan, dari ayat tersebut, Jalan lain mengandung pesan iman yang sangat mendalam,” ujar Mex.

“Ini merupakan simbol bahwa setelah bertemu Yesus yang lahir dalam kesederhanaan, kita meninggalkan cara-cara hidup kita yang lama kepada cara-cara hidup yang baru seperti kehendak Tuhan.

Atau dengan kata lain, menjadi manusia baru. Natal menjadi momentum bagi kita menemukan jalan kasih, jalan kebersamaan sehati sepenanggungan mewartakan kabar sukacita Tuhan kepada sesama.

Dalam refleksi tersebut, Ketua Garuda Kupang Mex M. Sinlae menjelaskan, Natal tahun 2022 harus menjadi momentum untuk membangun kebersamaan dan berbagi kasih kepada sesama ditengah berbagai persoalan kebangsaan dan sosial kemasyarakatan,” ungkapnya.

Kita tahu bahwa beberapa tahun terakhir negara dan masyarakat Indonesia mengalami tantangan yang berat. Pandemi Covid-19 yang mewabah diberbagai belahan bumi berdampak pada berbagai sektor kehidupan lain seperti ekonomi dan kemiskinan yang membutuhkan kerja sama dari semua elemen bangsa untuk bangkit bersama,” pinta Mex.

Baca Juga:  Program Dinas Perikanan Adalah Program Untuk Membangun Ekonomi

Komitmen bersama untuk bangkit melawan keterpurukan akibat pandemi Covid-19 bisa diterjemahkan dengan berbagai aksi nyata seperti membantu sesama yang membutuhkan uluran tangan kita, berbagai kepada yang berkekurangan, dan mendukung langkah-langkah pemerintah agar situasi bangsa segera pulih lebih cepat.

Selain itu, Lanjut Mex, “Jalan Lain” sebagaimana pesan kitab suci diatas juga menjadi refleksi rohani bagi kita untuk membulatkan tekad menjaga dan merawat kebhinekaan bangsa sebagai sebuah kekayaan bangsa, bukan sebaliknya menjadi sebuah kelemahan yang digunakan oleh oknum-oknum tertentu yang merongrong keharmonisan bangsa dibawa fondasi ideologi Pancasila.

Natal tahun ini juga harus membawa semangat persatuan dan kesatuan bangsa dari rongrongan kepentingan oknum dan kelompok tertentu yang memanfaatkan keberagamaan sebagai sebuah kesempatan memecah belah. Apalagi pada saat menjelang pelaksanaan pemilu tahun 2024,” paparnya.

Sekretaris Umum Garuda Kupang NTT Adi Sari Laka juga menjelaskan, Garuda Kupang NTT mengajak Umat Kristiani dan masyarakat NTT umumnya untuk menjadikan momentum Natal tahun 2022 sebagai kesempatan yang baik membangun peradaban kasih di tengah menguatnya tindak kekerasan dan kejahatan kemanusiaan; terus merawat kerukunan di tengah merebaknya intoleransi atas nama SARA; menghidupkan budaya jujur, merawat lingkungan sebagai rumah bersama dan warisan untuk anak-cucu, serta mengembangkan hidup berpolitik yang beretika menjelang pesta demokrasi tahun 2024.

Baca Juga:  Astaga! Satu Lagi Rekanan Datangi Kejari TTU, Mengaku Diperas 16 Juta Dari Ketua Araksi TTU

Garuda Kupang mengajak seluruh masyarakat mengembangkan sikap mawas diri, saling menghargai perbedaan, dan saling memahami kebhinekaan sebagai sesama sebangsa dan setanah air,” ucapnya.

” Garuda Kupang, lanjut Adi, mengajak seluruh masyarakat di Kota Kupang dan Indonesia pada umumnya untuk menjaga suasana Natal yang kondusif dan nyaman agar perayaan iman kelahiran Yesus membawa sukacita bagi seluruh masyarakat.

Garuda Kupang mengajak seluruh masyarakat mendukung aparat keamanan Polri-TNI dalam merawat situasi aman pada masa-masa hari raya keagamaan dan perayaan tahun baru 2023.

Akhirnya Atas nama Garuda Kupang NTT, kami mengucapkan Selamat Merayakan Natal tahun 2022 dan selamat menyongsong Tahun Baru 2023. Tuhan memberkati!.(Tim)