PEMKOT KUPANG GELAR FORUM PERANGKAT DAERAH

Mexin Tv, Kupang-Pemerintah Kota Kupang menggelar Forum Perangkat Daerah Lintas OPD Rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024. Kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh masukan dalam rangka penajaman target kinerja sasaran, program dan kegiatan, lokasi dan kelompok sasaran dalam rancangan awal RKPD tersebut berlangsung di Aula Hotel Ima Kota Kupang dan dibuka oleh Penjabat Wali Kota Kupang, George M. Hadjoh, SH, Jumat (17/03/2023)

Hadir mendampingi Penjabat Wali Kota, Sekretaris Daerah Kota Kupang, Fahrensy Priestley Funay, SE., M.Si. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kota Kupang, Jeffry Edward Pelt, SH, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Kupang, Ignasius Repelita Lega, SH serta Kepala Bappeda Kota Kupang Djidja Kadiwanu, SE.,MM.

Baca Juga:  Waspa Gelombang di Pantai Oesapa Capai 2,5 Meter

Penjabat Wali Kota Kupang, George M. Hadjoh, SH dalam arahannya menyampaikan bahwa forum perangkat daerah lintas OPD Kota Kupang ini merupakan momentum yang sangat penting dan luar biasa bagi pemerintah untuk menentukan maju tidaknya Kota Kupang pada satu tahun ke depan. “Saya berharap forum ini benar-benar mampu melakukan perumusan-perumusan terhadap seluruh usulan-usulan pembangunan di semua tingkatan, agar tidak lagi menjadi bagian yang berulang-ulang dan kemudian dianggap sebagai sebuah kegiatan yang bersifat seremonial belaka,” tegasnya.

Dia berharap forum lintas OPD lingkup Kota Kupang ini dapat menjadi koridor perencanaan yang bisa dipertanggungjawabkan secara baik berdasarkan undang-undang. Oleh karena itu menurutnya forum ini harus menjadi ruang pencarian solusi yang kemudian akan didesain dalam program dan kegiatan, dalam rangka menjawab tuntutan-tuntutan dinamika persoalan yang terjadi dalam masyarakat. “Tentunya solusi-solusi yang dihasilkan haruslah mengacu pada sinkronisasi program dan kegiatan yang linear dengan perencanaan anggaran pusat dan provinsi,” pungkasnya.

Baca Juga:  Bank Perkreditan Rakyat Crista Jaya Telah Manipulasi Nasabah  Rp. 6,1 miliar.

Sekretaris Bappeda Kota Kupang, Agustinus Hake, S.Pt, dalam laporannya menyampaikan bahwa maksud penyelenggaraan forum lintas OPD lingkup Kota Kupang ini adalah membahas rancangan awal RKPD kota kupang bersama para pemangku kepentingan lainnya, untuk memperoleh saran dan pertimbangan dalam rangka penajaman target kinerja sasaran, program dan kegiatan, lokasi dan kelompok sasaran dalam rancangan awal RKPD.

Agenda yang menjadi fokus dalam Forum Lintas OPD ini menurutnya adalah menyelaraskan program, kegiatan dan sub kegiatan perangkat daerah dengan usulan hasil Musrenbang kelurahan, kecamatan serta berbagai pokok pikiran DPRD Kota Kupang untuk penyempurnaan rancangan awal RKPD Kota Kupang, serta mempertajam indikator target dan kinerja program, kegiatan dan sub kegiatan perangkat daerah sesuai dengan tugas pokok dan fungsi perangkat daerah. Kegiatan ini menjadi penting bagi Bappeda dan OPD untuk bisa memastikan bahwa program kerja yang disusun sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat Kota Kupang.

Baca Juga:  Doa Bersama dalam rangka HUT TNI ke 77 tahun 2022, Kodim 1624/Flotim.

Hadir dalam kegiatan tersebut pimpinan perangkat daerah lingkup Kota Kupang, para camat se-Kota Kupang, kasubag perencanaan/ operator SIPD tiap OPD, kasubag perencanaan/ operator SIPD kecamatan serta delegasi tingkat kecamatan.(Tim )