Polisi  Aipda Vinsensius Loye, Sosok Inspiratif dari NTT

MEXIN TV, Kupang – Polda NTT Aipda Vinsensius Loye di tengah kesibukannya menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai abdi negara, memiliki prestasi dan melakukan hal positif lain yang bahkan melebihi dari tugas utamanya hingga aksinya tersebut mampu menginspirasi orang lain..(19/01/2023).

Pria kelahiran Boloroga, Nagekeo, 6 Juli 1981 silam yang juga menjabat sebagai Ketua RT di lingkungan tempat tinggalnya ini memprakarsai bantuan langsung ke warga tidak mampu berupa pemberian sembako dan membedah dua unit rumah tempat tinggal yang tidak layak huni, membantu warga yang mengalami sakit menahun serta membantu membuka akses jalan baru bagi warga yang rumahnya di pinggir kali, yang mana selama ini tidak bisa dilintasi. Semuanya ini ia lakukan dengan biaya sendiri dan swadaya dari warga masyarakat.

Suami dari Ambrosia Yovita ini juga selain menjabat sebagai Ketua RT, ia juga menjabat sebagai Ketua Sadar Hukum dan Ketua Proklim (Program Kampung Iklim).

Baca Juga:  Wakapolda NTT hadiri kegiatan Sosialisasi Peraturan Presiden No. 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar

Di sela-sela tugasnya sebagai seorang Polisi, ayah dari empat orang anak ini pun menggiatkan kegiatan sosialisasi tentang sadar hukum guna memberdayakan masyarakat akan pentingnya wawasan dan pengetahuan akan hukum, yang mana program ini dilakukan atas kerja sama dengan Kemenkumham NTT.

Sosok Aipda Vinsensius memang tidak asing lagi bagi warga masyarakat di RT 041, RW 001 khususnya dan Kelurahan Liliba pada umumnya. Selain memiliki pergaulan yang cukup luas dengan segala lapisan masyarakat, Vinsensius juga kerap dikenal sebagai Polisi yang sangat cinta dan peduli akan lingkungan hijau. Dan itu semua dibuktikan dengan kegiatan – kegiatan yang dilakukannya   seperti menanam pohon, mengadakan tempat sampah dan membangun landasan kontainer sampah, sehingga sampah yang dikumpulkan nantinya akan diolah.

Baca Juga:  Pawai Takbiran  di Kupang Dibuka  Langsung Kapolda NTT dan Masyarakat

Bahkan lingkungannya sering mendapatkan juara 1 lomba kebersihan lingkungan antar RT yang diadakan oleh Kelurahan Liliba, Kota Kupang.

Sebagai Ketua Proklim, ia melibatkan warganya untuk melakukan mitigasi sebagai upaya pencegahan penyebab perubahan iklim sekaligus mengurangi peningkatan emisi gas rumah kaca ke atmosfer, seperti berprilaku hemat energi, pengelolaan sampah dan penanaman pohon.

Di bidang keamanan, selaku Ketua RT Aipda Vinsensius Loye membentuk Linmas dengan merekrut tiga orang warganya guna bertugas melaksanakan pengamanan pada acara-acara kemasayarakatan maupun tugas patroli khususnya di wilayah RT 041.  Bersama warga Ia juga membangun Pos Kamling guna mewujudkan keamanan lingkungan.

Ia mengaku dalam aktifitasnya, tidak menggangu pekerjaannya sebagai abdi negara.

“Ini malah menjadi motivasi bagi saya untuk membantu dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat”, ungkap Aipda Vinsensius Loye saat dikonfirmasi

Baca Juga:  Kantor dinas sosial pindah ke fatukoa warga kota mengeluh soal tranportasi ke sana

Ia juga menyampaikan bahwa program-program yang ia lakukan pun tidak lepas dari dukungan dari pada keluarga, pimpinan, rekan kerja serta warga masyarakat khususnya di RT 041

“Selian itu, ada tim yang membantu dan mendukung setiap kegiatan yang saya lakukan. Tim itu beranggotakan 12 orang dan diberi nama tim 12”, tandasnya.

Terobosannya dalam memerhatikan masyarakat yang membutuhkan juga mendapat apresiasi dari berbagai pihak, baik dari kalangan Lurah, tokoh masyarakat, hingga kalangan akademisi.

David Loba, S.Pd., M.Pd selaku Sekretaris RT 041 dan juga merupakan Dosen PJKR di UNKRIS mengaku, mengenali sosok Aipda Vinsensius Loye sebagai polisi inspiratif yang akrab dengan masyarakat. Ia bahkan sering membantu dan mensuport kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Aipda Vinsensius Loye.( Tim )