Basarnas Kupang Gelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Basarnas ke – 52

Basarnas Kupang Gelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Basarnas ke-52

Mexintv.com,Kupang – Kantor Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Kupang menggelar upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Basarnas ke-52 pada tanggal 29 Februari 2024. Peringatan HUT BASARNAS dilaksanakan secara serentak oleh seluruh UPT BASARNAS yang berada di wilayah Indonesia.

Upacara diikuti oleh seluruh Pegawai, Dharma Wanita Persatuan, Potensi, PPNPN ABK serta Pegawai Outsourcing bertempat di halaman Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang, I Putu Sudayana, S.E., M.A.P bertindak selaku Inspektur Upacara.

Upacara diawali dengan pembacaan singkat sejarah berdirinya Basarnas, kemudian dilanjutkan pembacaan sambutan dari Kepala Basarnas (Kabasarnas) Marsekal Madya TNI Kusworo, S.E., M.M.

Baca Juga:  Kepala Dinas Pendidikan Kota Kupang, Siswa  Wajib Hafal Bahasa Inggris di Sekolah

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang I Putu Sudayana, S.E.,M.A.P saat membacakan sambutan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan mengatakan, “Pada usia 52 tahun menekankan kembali tentang perjalanan Basarnas telah mengalami berbagai peristiwa suka dan duka. Dan dinamika yang terjadi selama ini agar menjadi dasar untuk memperkokoh fondasi Basarnas dalam mengemban tugas dan tanggung jawab mencari, menolong, menyelamatkan, dan mengevakuasi korban pada saat terjadi keadaan darurat baik Kecelakaan Pesawat, Kecelakaan Kapal, Bencana pada fase tanggap darurat, Kecelakaan dengan Penanganan Khusus dan Kondisi Membahayakan Manusi serta diharapkan dapat memberikan pelayanan SAR terbaik kepada masyarakat.”

Baca Juga:  Jalan Di Kelurahan Manutapen Sudah Kembali Dikerjakan

Tema HUT ke-52 BASARNAS “yang diangkat “Quick Action, Satu Jiwa Satu Rasa”. Tema tersebut merepresentasikan kecepatan Basarnas dalam memberikan pelayanan SAR kepada masyarakat.
“Maka Basarnas harus dapat bekerja secara profesional dengan berbasis kompetensi cepat, tepat, dan terukur. Ingat, pekerjaan SAR memiliki risiko tinggi, karena itu, safety first dan zero accident menjadi hal krusial yang mutlak diterapkan dalam tugas”, ujar Sudayana.

Oleh karena itu, dirinya menjelaskan terdapat lima poin yang harus dipedomani Basarnas dalam berkerja, diantaranya agar meningkatkan iman dan taqwa, selalu memegang teguh Panca Prasetya Korpri dan Janji Rescuer dalam pelaksanaan tugas.

Baca Juga:  Polisi Aman Pria Di Ende Penyebar foto Syur Pacar di Medos

Kemudian agar senantiasa dalam mewujudkan profesionalisme sebagai ASN berakhlak, serta mewujudkan sinergitas dan menjaga kekompakan, dan semakin terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas.
“Saya berharap dengan kecepatan, kapabilitas, dan SOP di segala aspek, Basarnas ke depan dapat lebih baik dan lebih baik lagi”, ujar Sudayana. Rangkaian acarapun ditutup dengan pemotongan tumpeng dan kue ulang tahun..( Tim )