Cuaca Extrem , BMKG El Tari Kupang , menghimbau Masyarakat Tetap Waspada

MEXIN TV, Kupang – Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Kupang, menyebut Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), berpotensi mengalami cuaca extrem atau buruk dalam sepekan, Masyarakat tetap waspada.

Demikian disampaikan Kepala BMKG Stasiun El Tari Kupang Agung Sudiono Abadi, pada saat jumpa Pers bersama sejumlah wartawan di Aula lantai Satu Kantor Gubernur pada Kamis, 29/12/2022.

“Berdasarkan perkiraan kondisi Global oleh BMKG, potensi hujan lebat dan hujan ringan akan melanda wilayah NTT dalam sepekan,” kata Agung Sudiono Abadi.

Karena hampir seluruh wilayah NTT mengalami cuaca extrem sepekan kedepan, maka kita dari BMKG telah mengeluarkan himbauan dini kepada masyarakat, dan untuk mencegah cuaca extrem tersebut, kita dari BMKG biasanya mengeluarkan peringatan dini dari 7 hari, 3 Satu hari serta 3 Jam, atau untuk 7 hari biasanya, jelasnya.

Baca Juga:  Dua Orang Wanita Diamankan Polisi di Sebuah Warung Bakso, memiliki narkoba jenis sabu sabu

“Namun, selain hujan Agung juga menjelaskan, bahwa, masyarakat juga perlu waspada terkait Angin, karena dalam Satu Minggu kedepan ini, kecepatan angin di perkirakan bisa mencapai 10-25 knot atau 10-45 kilo meter per jam,” ujar Agung.

Pada kesempatan yang sama Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTT, Ambros Kodo, juga menjelaskan, bahwa, BPBD juga sudah mengeluarkan himbauan melalui surat edaran yang di tandatangani oleh Wakil Gubernur (Wagub), Josep A. Nai Soi, kepada seluruh pemerintah Kabupaten/Kota untuk meningkatkan kewaspadaan dan siap siaga dalam menghadapi cuaca extrem tersebut, jelasnya.

Baca Juga:  Truk Tabrak Rumah Warga, 1 Tewas

“Namun, ujar Kepala BPBD dalam menghadapi situasi extrem tersebut, masyarakat diharapkan tetap tenang dan selalu siap siaga terkhususnya masyarakat yang berdomisili di lereng gunung, pinggir sungai, dan daerah dataran rendah di sekitar aliran sungai, bila hujan berlebihan segera untuk mengevakuasi diri dan mencari titik aman. Sehingga tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan,” tuturnya.

Baca Juga:  Pihak SMPN 4 Kuwus Barat Bebankan Uang Ujian Sekolah Kepada Orang Tua Murid, Akibat Dana Bos tidak cukup

Lebih lanjut Kepala Dinas Perhubungan NTT, Isyak Nuka, juga menghimbau kepada Operator Laut seperti, ASDP, Garda Maritim, PT. Flobamor, Pelni, Kapal Perintis serta Driver Bus untuk tetap waspada.

“Karena daerah NTT ini, kata Isyak Nuka, masuk dalam prediksi cuaca extrem, maka harapan kita, agar masyarakat tetap waspada. baik itu di Darat, Laut, maupun Udara untuk tetap waspada, terkhususnya bagi yang ingin berlibur Natal dan Tahun Baru.” (M/J)