Pemilihan Ketua Rt 10 Rw 00 5 Di Kelurahan NBD Di Bubarkan Lurah Tanpa Alasan Jelas

MEXIN TV , KUPANG – Lurah Nunbaun Dellha Kecamatan Alak Kota Kupang, Nixon Nggauk membatalkan dan Membubarkan Saat pemilihan ketua Rt 10 di kelurahan NBD tanpa alasan yang jelas apa-apa darinya.

 

Tanggapan dari anggota DPRD Kota Kupang, Alfred djamiwilla ditemui dirumahnya di Kelurahan Nunbaun Dellha pagi tadi, Rabu (26/10/22) Ia mengatakan bahwa arahkan panitia sesuai petunjuk dari tata pem itu harus penjaringan calon baru ketua Rt.

 

Jadi untuk apa kalau masih pemilihan lagi masih calon yang lama, calin ketua Rt yang lama itu sudah gugur pada aturan tatip, tapi kenapq lagi di jaring lqgi itukan tidak bisa ini namanya ibarat sebuah petempuran orang sudah meninggal masih di ambila menjadi calon ketua Rt dalam suatu proses kalau dia sudah gugur tidak bisa lagi karena iin gugur secara administrasi itu otomatis tidak bisa lagi,” katanya.

 

Saya mendapatkan informasi dari masyarakat terakait pemilihan ketua Rt 10 Rw 5 kelurahan NBD bahwa lurah membatalkan pemilihan pada hari minggu (23/10/22) tidak ada alasan yang jelas dari lurah itu sendiri,” ujar Alfred.

Baca Juga:  Ketua LPM Nun Baun Della Di Lantik 25 Juni 2022 Oleh Camat Alak SK Dibuat Lurah NBD

 

Tambahnya bahwa, lurah itu tidak punya hak atas pemilihan ketua Rt ini nama sudah melnggar etikan sebagai orang dipemerintahan dan ia tidak bisa batalkan atau bubarkan pemilihan ketua Rt yang sudah berjalan sesuai prosedur dari panitia.

 

Ini adalah hak wewenang dari pantia biarkan saja panitia yang bekerja sesuai arahan dari tata pem kota kupang, SK pantia dari lurah yang mengeluarkan tapi saat penjaringan juga pemilihan ketua Rt lurah sendiri yang kasih batal dan juga bubarkqn tidak penjelasan apapun dari dirinya,” pintanya

 

Alfred, ini sudah baut satu polemik bagi masyaraktat dan jadi terombang ambing, tidak jelas sama sekali sebelumnya afa ketua Rt tapi banyak masyarakat yang menolak tidak sesuai prosedur, saat ini tidak ada ketua Rt  karena tidak terjadinya pemilihan.

 

Tapi lurah melakukan penunjukan langsung tetapi panitia telah menggurkan dua calon iitu tidak memenuhi syarat,tapi lurah menggunakan kekuasaannya untuk melakukan penunjukan langsung tanpa dia turun untuk melakukan sosialisasi di Rt 10 teesebut bahwa, ini panitia sudah berikan berita acara juga sudah menggurkan harusnya dilakukan penjaringan ulang baru pemilihan lagi,” ungkapnya.

Baca Juga:  Korban Kecelakaan KM. Express Cantika 77 diperpanjang Selama 3 hari.

 

Saya anggap lurah ini tidak pahan dengan aturan yang ada dan kerja dengan sesuka hatinya saja, ini tidak ada hubungan emosional tapi kita kerja secara profesional, disini juga banyak Rt yang berkeluarga diantara Rt yang lain bahkan juga dengan lurah.

Lanjut’ Allfred ini susuai surat dari Sekretaris Daerah Kota Kupang bahwa, dalam rangka mentidaklanjuti Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Kupang dalam sidang II DPRD Kota Kupang tahun 2021/2022 dan sesuai denga surat sari Bagian Tata Pemerintahan nomor 055/Pem 4112/ VII/ 2022 pada tanggal 18 juli 2022, dengan perihal penegasan terkait

 

Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LKK) maka  segara mengeluarkan surat pemberentian untuk Ketua 010 / 005 kareana tidak memenuhi syarat dan tidak melalui proses mekanisme, pemilihan ketua Rt sebagaimana yang diamanatkan dalam peraturan daerah nomor 09 tahun 2016 tentang lembaga kemasyarakatan Kelurahan,” jelasnya.

 

Menurut calon ketua Rt 10 Rw 005 yang baru kelurahan NBD, Derit  Hadjoh minta agar pemilihan ulang ketua Rt 10 yang baru, karean saya tidak menerima keabsaan yang dipending oleh lurah NBD sendiri pada hari minggu 23 oktober 2022 sampai dengan hari selasa 25 oktober 2022, saya sebagai calon ketua Rt 10 baru tidak terima denga kelakuan lurah yang tidak bagus dalam mengikuti aturan.

Baca Juga:  Bersama Elemen Masyarakat, Babinsa 04/Omesuri Karya Bakti di Masjid.

 

Pada saat pemilihan lurah bersama dengan panitia telah segel kotak suara pada pemilihan ketua Rt 10 Rw 005,kalau sudah pending artinya tidak sah dalam pemilihan ketua Rt untuk saya tetap minta pemilihan ulang ketua Rt yang baru.

 

Derit pada saat pending oleh lurah saya melihat kotak suara itu tidak terttutup rapat tapi malah terbuka begitu saja, saya bingung kejajdian ini kenapa pada saat pemilihan ketua Rt 10 dipending oleh lurah NBD, Nixon Nggauk.

 

Sampai sekarang saja pemilihan ketua Rt belum jugan dilakukan pemilihan, seusai dengan surat dari tata pemerintahan kota kupang atau panitia sudah bekerjasama dengan lurah untuk mengsegelkqn kotak suara dalam pemilhan ketua Rt 10 Rw 005 kelurahan NBD,” tutur calon ketua Rt baru…(MX/JS)