Waspa Gelombang di Pantai Oesapa Capai 2,5 Meter

Mexin Tv, Kupang – Waspa Gelombang di Pantai Oesapa Capai 2,5 Meter Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) Otniel Tino Jawa Nduruk mengatakan fenomena gelombang tinggi di pantai Oesapa pada Selasa (11/4/2023) siang terjadi karena adanya potensi bibit siklon 98S.

“Jadi dampak yang kita dapat itu curah hujan tinggi, angin kencang dan gelombang tinggi sekitar 2,5 meter seperti yang tadi sudah terjadi,” ujarnya saat memantau dampak gelombang tinggi di RT 32, Kelurahan Oesapa.

Baca Juga:  Prima NTT Apresiasi Langkah Pemerintah dalam Membatasi Impor Produk Elektronik

Gelombang yang tinggi sedang 1,25 meter sampai 2,5 meter terjadi di wilayah perairan utara pulau Flores, selat Sunda bagian timur, selat Sape bagian selatan, selat Flores Lamakera, Alor Pantar, selat Ombai dan selat Wetan.

Baca Juga:  Tampil di Taman Ismail Marzuki, IGI Flores Timur Ucapkan Terimakasih ke Bunda Julie dan Alex Ofong

“Untuk kategori tinggi terjadi di wilayah selat Sumba bagian barat, laut Sawu, perairan selatan Kupang-Rote, dan samudera Hindia,” jelasnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang bermukim di wilayah pesisir agar selalu waspada. Selain itu, alat penangkap ikan seperti perahu dan kapal harus diparkir di tempat aman agar dapat mencegah terjadinya kerusakan akibat hantaman gelombang.

Baca Juga:  Musrembang Tingkat Kecamatan Kelapa Lima Tidak Ada Anggota DPRD Yang Hadir

“Karena potensi bibit siklon 98S terjadi hingga tiga kedepan tapi masih posisi bibit dan kedepan bisa berpotensi jadi siklon tropis yang akan terjadi di Pulau Timor,”. (Tim)