Tani Gapoktan Sikumana Bersama Bapak” Yosef Lasa “Mendirikan Koperasi Bagi para Petani

Mexin Tv, Kupang –  Kelompok Tani dari Gapojtan Sikumana membuat acara syukuran dan juga acara perpisahan kelompok Saung Tani Gapoktan bersama PPL Kelurahan Sikumana, Yosef Lasa, SP. Salah satu pengurus kelompok tani kepada tim media bahwa mereka memulai dengan Rp. 1.000 dan berkembang menjadi Koperasi atas kerja cerdas dan pendamping penyuluh yang tuntas.

Demikian disampaikan oleh salah satu pengurus kelompok tani Oelon bawah, Titus Takene di sela-sela kegiatan perpisahan PPL dan kelompok tani pada Kamis, (4/05/2023),

Sore bertepatan di Persawahan Oelon Kota Kupang Kecamatan Maulafa.

Dengan atas dasar itu kami bersyukur dan berterima kasih kepada Bapak,Yosef Lasa karena atas kebaikannya bisa mendampingi dan mengarahkan kelompok tani Oelon menjadi kelompok yang menuju sejahtera secara ekonomi, mulai dari 1000, naik jadi 2.000, 5.000 hingga sekarang menjadi 10.000,” ujad pengurus kelompok tani Oelon bawah.Menurut, Titus bahwa sebelumnya mereka tidak mengetahui tentang apa itu Koperasi tetapi dengan bantuan penyuluh Pertanian Yosep Lasa mendampingi mereka.

Baca Juga:  Polda NTT Turun Tangan Buka Posko Kesehatan Wilayah Terdampak Banjir

Dengan hadir Bapak, Yosef Lasa kita mulai mengumpulkan Rp 1.000 per bulan setiap jiwa, tak lama kemudian naik menjadi Rp. 2.000 per bulan dan berkembang menjadi Rp. 5.000, sampai saat ini sudah menjadi Rp. 10. 000 per orang, kegiatan pengumpulan sana itu sejak tahun 2018 hingga tahun 2023 ini sudah memiliki tanah 300 meter persegi dan memiliki gedung Koperasi sendiri,” katanya.

Selain itu, Ketua tani Gapoktan menuju sejahtera Sikumana, Boas Lesik dalam sambutannya bahwa kelompok tani tersebut terbentuk sejak tahun 2012 terdiri dari 6 Kelompok tani yang tergabung dalam 1 kelompok besar dengan anggota 70 orang.

Namun berkembang sekarang anggota mencapai 17 Kelompok Tani dewasa dan 3 kelompok wanita Tani dan terdapat 1 Koperasi Tani, jelasnya.

Baca Juga:  GMKI Apresiasi Dan Mendukung Kegiatan Seminar Di NTT

Dari latar belakang acara ini murni inisiatif dari petani yang telah disepakati bersama melalui rapat bersama di kantor kompresi pada 21 Februari 2023, ungkap Ketua Gapoktan itu.

Pada momen yang sama Lurah Sikumana, Getruida Isabela dalam sambutannya duacara acara syukuran kelompok tani gapoktan, Kamis (4/5/23) sore Ia mengatakan bahwa,dunia dihadapkan dengan virus Covid-19.

Namun saya sangat yakin bahwa petani tetap bekerja untuk membantu masyarakat Kota Kupang dengan kerja kerasnya, dirinya juga  berterima kasih kepada PPL dan petani atas kerja keras untuk menjawab kebutuhan masyarakat Kota Kupang,” jelasnya.

Sementara itu kata hati dari Bapak, Yosef Lasa, SP, kita bisa karena kasih dan Kemurahan Tuhan,bahwa penyuluh itu membawa visi misi Dinas untuk demi kesejahteraan masyarakat Tani.

Baca Juga:  Tiga Kuasa Bank NTT Disidangkan Hari ini, Begini Keseruannya!

Prinsipnya penyuluh dan petani adalah mitra jadi tetap kerja sama. Jangan sekali-kali memandang siapa orangnya, tapi kita bekerja sama untuk mendampingi petani,” imbuhnya.

Yosef, saya sudah 11 tahun mendampingi petani Oelon, dirinya berprinsip bahwa apa yang dibicarakan itu yang harus dilaksanakan dan selalu mendampingi.

Dengan prinsipnya bahwa bulan pertama dirinya menyampaikan belum dilaksanakan, bulan berikut selalu bicarakan terus menerus sampai dilaksanakannya,” papar Yosef.

Saya merasa beban dengan para petani, karena mereka berbuat baik terhadap dirinya dan keluarga saya juga, saya mengucapkan terima kasih kepada orang tua dan semua orang yang telah mendukungnya,” ucap Yosef.

” Kegiatan perpisahan ini tersebut dihiasi dengan memajangkan hasil Tani, seperti pisang, sayur-sayuran seperti buah kol, bunga pepaya, kangkung, buah kelapa dan padi buah pepaya dan jagung,” tegas Yosef..(Tim)